Mengukur Kapasitor

Bagi saya, sudah bukan hal yang aneh ketika berpindah dari satu gedung ke gedung yang lain, bertemu dengan teknisi gedung yang masih minim kemampuan analisanya, kebanyakan diantara mereka masih mengandalkan coba-coba tanpa didasari dasar pengecekan yang tepat dari tiap komponen di suatu mesin pendingin.

Kasus sederhana yang saya temui di sebuah gedung ialah, seorang teknisi gedung melaporkan bahwa AC Split ukuran 1 PK mereka bermasalah yaitu ruangan tidak dingin dengan kondisi compressor bergetar kemudian mati dan berulang terus menerus, mereka sudah menyimpulkan kerusakannya yaitu kapasitornya harus diganti.
Saat saya tanya apakah kapasitornya sudah dicek menggunakan alat ukur? dan apakah gulungan kompressornya sudah dicek menggunakan alat ukur? mereka menjawab gulungan kompressornya sudah diukur dengan grounding dan suara beep tidak bunyi yang artinya gulungan tidak short, namun mereka tidak tahu cara memastikan kondisi kapasitornya.

klo dilihat sungguh sangat disayangkan, sehingga saya coba memaparkan sedikit cara mengukur kapasitor tersebut sebagai bahan pengetahuan.

*) Lepas semua konektor yang tersambung ke kapasitor.
*) Lakukan hubung singkat di kaki kapasitor untuk memastikan bahwa muatannya sudah habis.
Capasitor_short
*) Gunakan multimeter dengan memilih “uF”.
*) Tempelkan probe multimeter di masing-masing kaki kapasitor, di sini nilai kapasitansinya bisa terlihat dengan toleransi 5%.
Capasitor_ukur

 

3CY75E73JNAZ

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s